Arsip Soal OSN SMA Bidang Fisika


SOAL DAN PEMBAHASAN OSN FISIKA SMA 2017
OSK Tipe A---OSK Tipe B
OSP
OSN

SOAL DAN PEMBAHASAN OSN FISIKA SMA 2016
OSK
OSP
OSN


SOAL DAN PEMBAHASAN OSN FISIKA SMA 2015
OSK 
OSP
OSN

SOAL DAN PEMBAHASAN OSN FISIKA SMA 2014
OSK
OSP
OSN 

222 komentar :

  1. Terimakasih pak sangat membantu. (y)

    BalasHapus
  2. pak ada gak kisi-kisi untuk OSK 2015 ? dan untuk soal osk 2015 ada yang d ambil dari soal OSP tahun lalu gak pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal osk, osp dan osn biasanya selalu terbaru tiap tahunnya

      Hapus
  3. Pak Punya Solusi untuk OSK 2015?

    BalasHapus
    Balasan
    1. link OSK FISIKA SMA di atas sudah termasuk solusinya.

      https://drive.google.com/file/d/0B_CLfOCzGPNRS0YyZTRXRThsemc/view

      Hapus
    2. Itu soal yang nomor 6 Seingatku yang di tanya Kecepatan pusat masanya , ko beda ya??

      Hapus
    3. Aku dapat soal yang ditanya percepatan pusat massa.

      Hapus
  4. Kak, mau nanya ada soal dan pembahasan olimpiade fisika sma tahun 2011-2013 ? mudah-mudahan bisa dijadikan bahan belajar dan referensi, terimakasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembahasan osk sudah terbit bukunya http://bos.pusatbelajar.com/index.php?module=detail&id=128

      Ada nanti buku pembahasan OSP dan OSN akan segera terbit akhir maret 2015 ini.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. soal no.3 yang ditanya percepatan sudut bukan kecepatan sudut kalo soal punya saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan di bagian soal bahwa ada kata percepatan sudut konstan. Di bagian pertanyaan ada batas kecepatan sudut maksimum. Menurut saya yang lebih fisis pertanyaannya adalah kecepatan sudut. Ada salah pengetikan soal menurutku.

      Hapus
    2. terus pas saya soalnya fotokopian dan soal no 7 gambarnya hitam gajelas.

      Hapus
  7. makasih kak. sngat membantu pembahasannya. :) ada tips gak kak buat menghadapi olimpiade, biasanya bingung harus mulai darimana? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak berlatih dan tetap semangat yah.
      Banyak latihan dari soal2 luar

      Hapus
  8. ada pembahasan soal osp 2013 tidak?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, tapi dalam waktu dekat akan terbit pembahasan osp 2002-2014.
      Nanti sekalian beli bukunya aja.

      Hapus
    2. Saya tunggun pak, bukunya atau pembahsan dalam bentuk soft filenya saja
      Semoga sukses

      Hapus
  9. Soal OSP 2015 kalo sdah ada tolong di upload. Makasih

    BalasHapus
  10. Pak, soal OSP 2015 pembahasannya gk ada ya?

    BalasHapus
  11. Pembahasan osp fisika sma 2015 mana yah pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya upload
      silahkan di download

      Hapus
  12. Kak, untuk praktikumnya gimana? ada tips atau bukunya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk buku praktikum tidak punya bukunya.

      Hapus
  13. Davit, ini Tedy (OSN Pertamina 2012). Gmana kabarnya? Wihh hebat sudah jadi pembina Olim. O ya, kamu punya koleksi soal olim fisika SMA 2013 -2014? Thanks

    BalasHapus
  14. Mau tanya kalo soal Olimpiade khusus bab fluida punya gak pak?

    BalasHapus
  15. bang, boleh share soal pelatnas gak bang ? atau mungkin ada buku yang bisa saya beli yang bahasan nya tentang soal pelatnas gitu bang ?

    BalasHapus
  16. bagaimana cara dapatkan bukunya Pak? dalam buku itu adakah ringkasan teorinya

    BalasHapus
  17. @pak hendrik : pesannya di http://pusatbelajar.com

    BalasHapus
  18. klo yang 2015 nyah udah ada blum gan

    BalasHapus
  19. klo yang 2015 nyah udah ada blum gan

    BalasHapus
  20. pak ini pembahasan nya cma fisika aja apa ada yang biologi atau kimia nya gak?
    mohon bantuan nya :)

    BalasHapus
  21. @Firman : Ini hanya soal fisika saja.

    BalasHapus
  22. ijin sedot gan trims ilmunya semoga berkah n bermanfaat

    BalasHapus
  23. mantap..terima kasih bahannya.....

    BalasHapus
  24. Saya bahas soal olimpide jg sm guru saya. Soalnya sama, tapi kok jalannya beda???
    Tpi jwabannya sama.

    BalasHapus
  25. @arwin permata : Cara penyelesaian suatu soal bisa saja lebih dari satu, misalnya menggunakan konsep kinematika, dinamika (gaya atau momen gaya) dan energi.

    BalasHapus
  26. Iya. Makasih atas penjelasannya :-)

    BalasHapus
  27. kan itu di yogya kalo di bandung sama ga sih materi osn 2015 nya ?

    BalasHapus
  28. kan itu di yogya kalo di bandung sama ga sih materi osn 2015 nya ?

    BalasHapus
  29. kan itu di yogya kalo di bandung sama ga sih materi osn 2015 nya ?

    BalasHapus
  30. pak boleh .tahu nggak.kira kira soal osn itu soalnya banyak dari buku yung kuo lim?

    BalasHapus
  31. terimakasih pak.. sangat membantu. mohon doanya.

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Kak, punten kalau buat tahun 2013 punya nggak?

    BalasHapus
  33. @agung: tahun 2013 sudah ada di buku saya.

    BalasHapus
  34. terimakasih pak, sangat membantu !
    selain pembahasan olimpiade, pembahasan yang lain seperti bank soal fisika ada nggak pak ?

    BalasHapus
  35. haloo kak ini dgn kristian M.
    terima kasih sangat membantu

    BalasHapus
  36. Kak soalnya dalam bentuk uraian? Bukan pilgan?

    BalasHapus
  37. Kak, mau tanya untuk pembahasan OSK fisika tahun 2015 nomor 6 itu pembuktian besar percepatan pusat massa bola relatif terhadap bidang miring itu gimana ya? Mohob penjelasannya lebih lanjut. Terimakasih

    BalasHapus
  38. @Larasati : Soal olimpiade dalam bentuk uraian.
    @septi : Hukum newton harus digunakan dalam kerangka acuan tanah (diam) atau disebut kerangka acuan inersia. Jika menggunakan kerangka acuan bidang miring harus menggunakan gaya fiktif.

    BalasHapus
  39. bocoran untuk 2016 ada nggak?

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum, ada soal OSN yang matematika SMA?

    BalasHapus
  41. Kisi kisi Soal Olimpiade tingkat kabupaten nya nggak ada kak?

    BalasHapus
  42. kak davit!!! apa kabar?! :3 Archi ini dari NTB, masih inget gak? sukses ya sama bukunya, the best teacher i've ever know!

    BalasHapus
  43. Pak Davit, pembahasan soal olimpiade fisika sma 2014 dan 2015 ini apakah sudah disepakati dengan tim TOFI bahwa pembahasan/jawaban ini benar semuanya ya ???

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. soal nmr tujuh osk, ada yg perlu di perbaiki

    BalasHapus
  46. pak, soal OSK 2015 no 4, pembahasannya ndak jelas

    BalasHapus
  47. Bang,anggo prediksi soal matematika 2016 adong di abang? Mangido tolong majolo bang sanga adong di abg

    BalasHapus
  48. Bang,anggo prediksi soal matematika 2016 adong di abang? Mangido tolong majolo bang sanga adong di abg

    BalasHapus
  49. @Restu : Saya tidak tahu bocoran 2016.
    @Lukito : Disini hanya soal fisika.
    @Kadek : Kisi-kisi osk pelajari aja silabusnya.
    @Dimas : Kabar baik.
    @ Martin : Solusi di atas saya jawab pribadi.
    @Bambang : Saya tidak tahu prediksi matematika.

    BalasHapus
  50. sial nih. gk ada angka. persamaannya bikin pusing aja

    BalasHapus
  51. saya mau tanya, kalo pas ikut olimpiadenya kita ngisi lembar jawabannya langsung jawaban boleh gk?

    BalasHapus
  52. kalo pas ngisi jawaban perlukah saya menggambar sudut dsb. (jika berhubungan dengan gaya atau sesuatu yang memang memerlukan arah seperti vektor misalnya)

    BalasHapus
  53. makasih atas blognya bang..sangat bermanfaat

    BalasHapus
  54. Pak,pembahasan soal fisika 2016 ada gak?

    BalasHapus
  55. Pak,pembahasan soal fisika 2016 ada gak?

    BalasHapus
  56. Mau tnya kak, materi osk fisika 2016 kira" sama ya kyk materi di soal isk 2015? (Tntang kinematika, dinamika, usaha energi, impuls momentum) atau mngkin materi tahun ini lain? Thx infonya :)

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Terima kasih banyak atas Solusinya dan pembahasannya, cukup menolong dan membantu logika berpikir khusus soal OSN Fisika Sma.....

    BalasHapus
  59. kak bocoran untuk osk fisika 2016 ada gak?

    BalasHapus
  60. assalamualaikum,,
    kak,, ada kisi2 buat OSK 2016 gak..?

    BalasHapus
  61. Sangat membantu dalam belajar, trima kasih banyak Pak Davit

    BalasHapus
  62. kak minta link silabus osk 2016 dong makasih

    BalasHapus
  63. @otsutsuki : jawaban harus diisi lengkap dengan caranya.
    @Garskin HP : Pembahasan osk 2016 belum ada
    @Nadia Eva : Silabus osk tetap sama, yaitu mekanika.
    @Saarah Alamsyah : pelajari materi mekanika

    BalasHapus
  64. thanks kak,, yang lain ada gak kak,,,?
    kalau matematika tau gak kak,,?

    BalasHapus
  65. Keren kak! Huhu masa aku baru dikasih tau untuk osk 3 hari sebelum lomba... bingung belajarnya hrs gmana.. tips nya kak..

    BalasHapus
  66. Makasih yah kak, materinya.. besok mw osk doain sukses yh.

    BalasHapus
  67. Kak untuk mata peljaran OSN fisika pokok pembahasannya tentang apa kak??

    BalasHapus
  68. pak buku mekanika ada yg mudah dimengerti gk ?

    BalasHapus
  69. Pembahasan osk fisika 2016 ada?

    BalasHapus
  70. Pak, kapan pembahasan osk 2016 keluar?

    BalasHapus
  71. @ honglee dan Ahmad :
    pembasan osk sudah saya upload.

    BalasHapus
  72. Posting kunci jawaban OSP tingkat SMA khusus fisika juga dong kalo udah keluar

    BalasHapus
  73. Kapan OSP fisika 2016 bisa lihat ?

    BalasHapus
  74. Pak Davit, saya sangat berterima kasih atas pembahasan soal2nya, saya kira sangat membantu sekali, Pak saya ada sebuah soal OSP Fisika sma 2004 sbb :

    01. Sebuah bola kecil bermassa m diletakkan di atas papan bermassa M yang terletak pada bidang datar licin. Bola kemudian diberi kecepatan V. Pada gambar, bola diletakkan di atas papan yang permukaannya mendatar, kemudian di depan bola (bola bergerak dari kiri ke kanan) papan membentuk sudut Theta terhadap garis horizontal, Titik P adalah puncak dari papan tersebut(papan yang membentuk sudut Theta trhdp horizontal)
    Bola meninggalkan papan di titik P. Hitung nilai M, supaya bola dapat mendarat di titik P lagi.
    (Sorry pak, gambarnya tdk bisa dicopy disini)

    Jawaban saya adalah M = (1/4)m (tangen 0)^2 , dengan 0 = Sudut Theta dan ^ artinya pangkat. Pak boleh tidak , anda memberi jawaban menurut pak Davit berapa nilai M ???, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak......

    BalasHapus
  75. Tambahan lagi pak, jawaban akhir saja saya minta pak yaitu nilai M, tidak perlu jalannya/pembahasannya, Trimakasih

    BalasHapus
  76. @martin :cara penyelesaiannya sudah saya kirim ke emailmu.

    BalasHapus
  77. Oke makasih banyak mas Davit atas jawabannya, tapi saya melihat di sini, apa energi potensial bola tidak berpengaruh ? masalahnya bola saat di ttk P memiliki ketinggian misalkan L sin0 dengan L adalah panjang lintasan papan yg membentuk sudut Theta thd horizontal. Bagaimana pak ini ?

    BalasHapus
  78. @martin boleh tidak jawaban soal yg anda tanyakan di forward ke email saya isaactegar123@gmail.com ,terimakasih yaa.

    BalasHapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. Okee mas Unknown, saya coba kirim soal lengkap dengan gambar aslinya, terima kasih

    BalasHapus
  82. bang, punya arsip soal pelatnas bang, atau gimana say bisa ngedapetin soal pelatnas tahun tahun lalu bang ?

    BalasHapus
  83. Maaf untuk no 6. Kenapa setelah permen di puncak ada persamaan 1/2 m(2R)^2 W^2. Kenapa 2R bukannya R saja. Dan kenapa tidak ditambah energi translasi permen?

    BalasHapus
  84. Maaf untuk no 6. Kenapa setelah permen di puncak ada persamaan 1/2 m(2R)^2 W^2. Kenapa 2R bukannya R saja. Dan kenapa tidak ditambah energi translasi permen?

    BalasHapus
  85. @Fahlan : Permen berotasi murni terhadap sumbu rotasi sesaat di dasar cincin. Jika sumbu rotasi di pusat massa cinci , maka energi kinetik nya adalah energi kinetik translasi pusat massa + energi rotasi terhadap pusat massa.

    BalasHapus
  86. Davit, saya mengucapkan makasih banyak mas Davit atas jawabannya,masih soal OSP 2004, tapi saya melihat di sini, apa energi potensial bola tidak berpengaruh ? masalahnya bola saat di ttk P memiliki ketinggian misalkan L sin0 dengan L adalah panjang lintasan papan yg membentuk sudut Theta thd horizontal. Bagaimana pak ini ?

    BalasHapus
  87. @martin: Ketinggian tidak diberi keterangan di soal, artinya kasus ini mengabaikan ketinggian.

    BalasHapus
  88. Oooo, jelas-jelas mas Davit, ternyata jawabannya tak sesulit yang dibayangkan, makasih mas Davit

    BalasHapus
  89. Silabus osp tentang apa mas davit?

    BalasHapus
  90. @andi :Silabus osp 2015 : Mekanika benda titik dan benda tegar + gravitasi, tetapi tanpa materi fluida.

    BalasHapus
  91. Soal OSP 2016 udah keluar ?

    BalasHapus
  92. @raisa : OSP 2016 belum dilaksanakan.

    BalasHapus
  93. Kapan OSP 2016 di laksanakan ?
    Saya pikir, daerah2 lain udh dluan melaksanakannya

    BalasHapus
  94. OSP 2016 akan di laksanakan serentak tgl 22 maret
    Apa pada tgl 22 sudah bisa diposting ??

    BalasHapus
  95. Apa soal osp 2016 sudah bisa dishare pak?

    BalasHapus
  96. Pak bisa minta dishare pembahasan OSP Fisika SMA 2016????

    BalasHapus
  97. hey b0ss, can i habe the osp please?

    BalasHapus
  98. Pak Davit, terima kasih atas pembahasannya, saya mau nanya, utk Soal OSP fisika 2014 nomor 4, jawabannya utk bagian b) ternyata Wmaks = (ka^2)/L, dan utk bag a) frekuensi f = (1/2Phi)[(ka^2 - WL)/ml^2]^(1/2) , jika Wmax dimasukkan maka f = 0, jadi apakah nilai frekuensi nol ini berlaku ??? sedangkan frekuensi harus ada nilainya ?? Bagaimana pak ?

    BalasHapus
  99. Kalo nilai Wmaks dimasukkan ke persamaan frekuensi dan dapat 0 berarti sistem tidak berosilasi. Di pembahasan bagian b tertera syarat melakukan osilasi yaitu omega^2>0. Kemudian di persamaan W>(ka^2)/L. Berarti syarat osilasi W maksimum lebih dari (ka^2/L). Bila W mendekati ka^2/L, berarti frekuensi mendekati 0. Bila W = ka^2/L, energi sistem mengalami keseimbangan netral dan tidak berosilasi. Jadi, frekuensi = 0 berlaku. Tapi seharusnya jawabannya bukan W=ka^2/L karena sebenarnya saat W=ka^2/L sistem tidak berosilasi.

    BalasHapus
  100. Pak Davit Sipayung,tolong dilihat email anda, saya punya prtanyaan soal OSP Fisika 2002 nomor 2, trima kasih banyak atas prhatiannya, God Bless pak, wbsite anda sangat membantu saya.......

    BalasHapus
  101. pak davit, minta solusi osp 2016 dong

    BalasHapus
  102. Pak davit pembahasan osp 2016 blum ada?

    BalasHapus
  103. Pak Davit , Tolong Update Pembahasan OSP 2016 nya yaa

    BalasHapus
  104. Pak Davit, OSN kemarin untuk bidang fisika itu terdapat praktikum ? Kalau ada, OSN kali ini, praktikumnya mengenai apa ?

    BalasHapus
  105. Pak Davit, OSN kemarin untuk bidang fisika itu terdapat praktikum ? Kalau ada, OSN kali ini, praktikumnya mengenai apa ?

    BalasHapus
  106. @Raisa : OSN terdiri dari teori (70 poin) dan praktikum (30 poin). Saya tidak tahu praktikum tahun ini.

    BalasHapus
  107. Kalau praktikum OSN sebelumnya itu mengenai apa saja pak ?

    BalasHapus
  108. Untuk teori, biasanya mengenai apa sja pak ?

    BalasHapus
  109. @raisa : Materi praktikum : mekanika, listrik magnet, termodinamika, fluida, optik dan fisika modern.
    Materi teori : mekanika, listrik magnet dan termodinamika.

    BalasHapus
  110. pembahasannya ditunggu yang osp 2016

    BalasHapus
  111. Pak Davit, terima kasih atas pembahasannya, saya mau nanya, utk Soal OSP fisika 2014 nomor 4, jawabannya utk bagian b) ternyata Wmaks = (ka^2)/L, dan utk bag a) frekuensi f = (1/2Phi)[(ka^2 - WL)/ml^2]^(1/2) , jika Wmax dimasukkan maka f = 0, jadi apakah nilai frekuensi nol ini berlaku ??? sedangkan frekuensi harus ada nilainya ?? Bagaimana pak ?

    BalasHapus
  112. Pak davit, ada tdk pembahasan OSN tentang eksperimen thun2 kmrin ?

    BalasHapus
  113. Dimana ya pak davit, kita bisa dptkan pembahasan tntng eksperimen thun2 kmrin ?

    BalasHapus
  114. Pak davit, kapan pembahasan osp 2016 bisa dipost?

    BalasHapus
  115. @raisa: ke tim juri atau ke dinas pendidikan pusat.
    @fitriana : segera di upload kalau sudah selesai.

    BalasHapus
  116. kunci jawaban untuk osp 2016, apakah sudah ada ?

    BalasHapus
  117. @Fitriana dan trisna : solusi osp 2016 sudah ada di link di atas.

    BalasHapus
  118. tolong buatin solusi untuk osn tingkat nasional 2016.

    BalasHapus
  119. @ Trisna : Saya akan buat kalau sudah ada waktu luang.

    BalasHapus
  120. kalau mau cari soal osn tahun 2002 sampai 2013 plus pembahasannya dimana yak

    BalasHapus
  121. @Pakeh :https://pusatbelajar.com/produk-156-.html

    BalasHapus
  122. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  123. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  124. @ uni : Solusinya dalam buku Problem and Solution on Thermodynamics and Statistical Mechanics ole Yung-Kuo Lim.
    Problem 1024.

    BalasHapus
  125. pembahasan OSN 2016 belum ada ya?

    BalasHapus
  126. @Ezra : Belum, saya belum membuatnya.

    BalasHapus
  127. Terinma kasih,, sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  128. Hallo Davit Sipayung, terima kasih banyak atas website anda ini, saya mau nanya, apakah pembahasan soal OSN fisika 2016 ini sekitr 15 sampai 20 halaman juga seperti pembahasan OSN 2014 & 2015 lalu kira-kira ya ???? Apakah OSN 2016 lebih sulit dari tahun-tahun lalu kira-kira ???

    BalasHapus
  129. Pak ada materi2nya? Apa emang isinya soal2 semua? Mohon jawabannya terima kasih

    BalasHapus
  130. OSN fisika kapan mau di adain lagi??

    BalasHapus
  131. @yusnita : Saya belum tahu karena jadwal belum keluar.

    BalasHapus
  132. yang 2013 gak ada bng..??????

    BalasHapus
  133. @yadi : Tahun 2013 sudah dibukukan.

    BalasHapus
  134. Saya mau tanya untuk solusi nomor 5 osp fisika sma 2016 yang mas davit publikasikan.Bukankah Energi potensial balok habis digunakan untuk energi kinetik rotasi silinder ditambah gesekan silinder ditambah Energi kinetik balok? Kenapa anda abaikan energi kinetik balok padahal pada saat balok turun sejauh l sin 0 ( 0 asumsikan alfa) balok mempunyai kecepatan konstan yang artinya punya Energi kinetik. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    BalasHapus
  135. Saya meninjau ketika balok sudah mencapai kecepatan maksimum, artinya kecepatannya konstan. Usaha oleh gaya gravitasi dan gaya gesek sama dengan perubahan energi kinetik sistem.Karena energi kinetik balok konstan sehingga kita tidak meninjaunya.

    BalasHapus
  136. Terimakasih atas penjelasannya. Di buku mas davit yang membahas soal-soal osk, saya masih bingung mengenai pembahasan osk fisika tahun 2011 yang no.1 Disana mas davit menuliskan bahwa arah gaya T menjauhi pusat massa sistem.Bukankah arah gaya T seharusnya mendekati pusat massa sistem dan saling berhadapan satu sama lain? Mohon pencerahannya.Terimakasih

    BalasHapus
  137. @Ravialdy : Arah gaya yang belum diketahui boleh dimisalkan ke arah mana saja. Jika diperoleh gaya positif, maka arah gaya sama dengan arah gaya yang diasumsikan. Akan tetapi, kita bisa menentukan arah gaya positif untuk gaya-gaya yang umum. Misalnya tali selalu menarik benda, jadi arah gaya menjauhi benda. Batang bisa bersifat menarik atau mendorong benda bergantung pada gaya-gaya yang bekerja. Untuk soal osk 2011, batang cenderung mendorong benda sehingga arag gaya menuju benda ( menjauhi pusat massa sistem).

    BalasHapus
  138. Pembahasan OSN 2016 belum keluar ya pak?

    BalasHapus
  139. Terimakasih atas pencerahannya.Sangat membantu.Mas davit saya punya buku mas davit dari osk sampai osn.Tapi, saya masih bingung untuk yang nomor 3c soal osp thn.2011.Disana mas davit menjelaskan bahwa nilai omega 2 tetap sedangkan arahnya berubah-ubah.Akan tetapi, nilai dan arah omega 1 tetap.Akibatnya, bila saya turunkan nilai omega terhadap waktu akan didapati hasil yang sedikit berbeda.Dalam pandangan saya, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara omega 1 dan omega 2.Bila omega1 itu tegak maka bisa dikatakan omega 2 itu horizontal.Pertanyaan saya,Kenapa arah omega 2 bisa dikatakan berubah-ubah?Bagaimana cara kita mengetahui kalau arah suatu omega itu tetap atau berubah-ubah?Maaf kalau saya banyak tanya :)

    BalasHapus
  140. Maaf maksud saya diatas adalah soal osp th.2010 no.3c.Tentang kerucut yang menggelinding tanpa slip

    BalasHapus
  141. Waah membantu sekali..terimakasih :)

    BalasHapus
  142. Pak Davit, ada gak pembahasan OSN Fisika 2016 (Tingkat Nasional)

    BalasHapus
  143. Makasi pak, sangat membantu belajar osn

    BalasHapus
  144. Pak Davit, punya koleksi soal-soal ONMIPA PT & pembahasannya? Kalau ada, boleh kah saya minta soft copy nya? Terima kasih sebelumnya Pak hehe

    BalasHapus
  145. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  146. Pak davit untuk pembahasan OSK kabupaten tahun 2014 nomor 2 point d. mobil A sebelum diperlambat kan sudah memiliki kecepatan akhir ketika dia dipercepat kalau ndak salah 8 m/s. mengapa pak davit menggunakan nilai kecepatan awal mobil A sebesar 2 m/s untuk persamaan gerak mobil A yang mana 2 m/s merupakan kecepatan awal sebelum dipercepat.

    BalasHapus
  147. pak ada nda kisi-kisi OSN fisika tahun ini?

    BalasHapus
  148. @zeni : ada di silabus di menu materi.

    BalasHapus
  149. Maaf kak soal simulasi fisika yang bulan january 2017 tidak ada pembahasannya kah?

    BalasHapus
  150. disini ku menunggu kunjaw yang osk 2017 dan baru ku lakukan tadi

    BalasHapus
  151. ditunggu ya kak buat OSK 2017 ☺

    BalasHapus
  152. pak ada kunci osk medan gk pak ?

    BalasHapus
  153. bisa request metode lagrangian untuk soal no 7 osk gak

    BalasHapus
  154. Pak david,kalo soal osk matematika sma bisa didpapat dari mana ya?

    BalasHapus
  155. Om davit itu perlangkah gak ada pointnya?berati langsung jawaban akhir nya yang di nilai? Soalnya kalau osk taun lalu kita diberi tau pointnya berapa per langkah. Tapi sekarang kok tidak ya?

    BalasHapus
  156. Pak davit, upload aoal simulasi lagi dong, buat osp

    BalasHapus
  157. Pak David minta pembahasan osp tahun 2004 donk,, kirim email saya boleh reyhansaadi99@yahoo.com

    BalasHapus
  158. terima kasih sangat membantu, soal olimpiade guru fisika share dong, trimss

    BalasHapus
  159. @ zeni : sengaja ditiadakan agar dicari sendiri jawabannya
    @arifin : pakai newton cukup
    @desy : saya tidak punya nilai per poin, jawaban dari pusat mungkin ada poinnya untuk keperluan tim juri.
    @sum : sudah di cetak dalam buku.

    BalasHapus
  160. makasih pak, sangat membantu.

    BalasHapus
  161. bapak soal osp pake bahasa ingris kh?

    BalasHapus
  162. pak tanggal berapa osp dilaksan ?

    BalasHapus
  163. Pak nda ad soal simulasi lagi kh??

    BalasHapus
  164. @zeni : belum di buat soal simulasi.

    BalasHapus
  165. pak,, soal osn 2016 gak ada pembahasannya ya pak???

    BalasHapus