Sabtu, 26 Agustus 2017

CaraKU Kupahami

Rumus cepat merupakan senjata ampuh dalam mengerjakan soal dengan mudah. Rumus cepat memiliki nama-nama sesuai dengan keinginan penciptanya, seperti  cara cepat, cara jitu, cara master, solusi tercepat, rumus super dan lain-lain. Sampai sekarang, banyak guru-guru dan bimbel-bimbel mengajarkan rumus-rumus cepat untuk menyukseskan siswa mendapatkan nilai tinggi di sekolah. Tetapi, seringkali rumus cepat tersebut mengaburkan pemahaman konsep-konsep dan alur logika yang terkandung dalam soal. Kita sekarang harus menyadari bahwa rumus cepat lebih banyak merugikan. Alasanya adalah  rumus cepat menyembunyikan banyak konsep-konsep penting yang seharusnya dipahami oleh siswa dan rumus cepat biasanya lebih mementingkan hasil daripada proses. Menurutku, rumus cepat adalah kesimpulan pemahaman si pembuat bukan si pembaca.

Apakah anda mau memiliki cara menjawab soal dengan pemahaman anda sendiri? Jika anda ingin, saya menawarkan sebuah cara namanya  CaraKU. CaraKU singkatan dari Cara Kreatif dan Unggul. Kreatif berarti memiliki daya cipta  sementara Unggul berarti terbaik. CaraKU sebagai cara penyelesaian sebuah soal dengan ide baru sekaligus terbaik. Jika anda mengatakan caraKU berarti cara itu merupakan cara anda sendiri. Inilah yang menjadi fokus caraKU dimana pembaca dituntut untuk menemukan sendiri cara terbaik dibandingkan cara yang sudah ada. Penting untuk diketahui bahwa CaraKU bukanlah rumus cepat. CaraKU menjadi sebuah cara untuk menjawab apapun soal di dunia ini.


Langkah-langkah caraKU :

  • Baca soal dengan seksama dan kemudian nyatakan kembali dalam bentuk gambar. Usahakan semua informasi yang ada disoal dapat ada pada gambar.Menyatakan ulang soal dalam bentuk gambar menunjukkan kita telah paham apa maksud soal tersebut.
  • Temukan kata-kata kunci dalam soal. Kata kunci biasanya ada dalam pertanyaan atau bisa juga di pengantar soal. 
  • Gunakan rumus (konsep) yan berkaitan langsung dengan kata kunci. 
  • Gunakan rumus-rumus fisika lainnya untuk menemukan apa yang ditanyakan dalam soal.  
  • Jika sudah mendapatkan jawaban, maka pastikan bahwa jawaban tersebut sudah menjamin semua kata kunci dalam soal sudah terpenuhi. Kadang siswa memiliki jawaban yang tidak sesuai dengan kata kynci dari pertanyaan. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar